Source: Pixabay

Tips Memilih Smartwatch – Seiring perkembangan teknologi, jam tangan kini tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan waktu atau sebagai aksesoris fashion. Kini hadir jenis jam tangan terbaru dengan berbagai fitur ciamik yang dapat menunjang aktivitas penggunanya layaknya smartphone yang akrab disebut dengan smartwatch atau jam tangan pintar.

Hadir dengan beragam fitur yang menarik, smartwatch pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal sehingga perlu pertimbangan matang sebelum membeli produk ini. Bila anda berniat membeli smartwatch dalam waktu dekat dan membutuhkan tips memilih smartwatch beserta rekomendasi smartwatch untuk anda, artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk anda. Berikut ini kami rangkum tips memilih smartwatch dan dilengkapi rekomendasi smartwatch yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Kompatibilitas dengan Ponsel

Source: Pixabay

 

Tips memilih smartwatch yang utama untuk diperhatikan adalah melihat kompatibilitas smartwatch dengan perangkat smartphone yang anda miliki agar keduanya terintegrasi dengan baik. Bila smartphone anda menggunakan operating system iOS, maka rekomendasi smartwatch yang tepat adalah Apple Watch series karena smartwatch ini memiliki operating system watchOS yang hanya kompatibel dengan perangkat iOS. Bagi pemilik smartphone android, rekomendasi smartwatch yang kompatibel adalah smartwatch dengan operating system berbasis Wear OS atau Android wear.

 

Periksa Fitur yang Dimiliki Smartwatch

Source: https://9to5mac.com/

Tips memilih smartwatch selanjutnya adalah meninjau fitur yang ada pada smartwatch. Gali informasi selengkap mungkin mengenai fitur smartwatch agar produk yang anda beli memiliki fitur yang menunjang kebutuhan anda.

Bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas yang padat, rekomendasi smartwatch untuk anda adalah smartwatch dengan fitur lengkap seperti fitur notifikasi untuk mendukung fungsi smartphone, fitur healthcare untuk memantau kesehatan dan fitur GPS untuk navigasi arah. Bagi anda yang berjiwa petualang, rekomendasi smartwatch yang tepat adalah yang berfokus pada pengembangan fitur GPS termutakhir.

Dan bagi anda yang concern terhadap kesehatan, Apple Watch Series 4 dilengkapi berbagai fitur inovatif khususnya untuk kesehatan adalah rekomendasi smartwatch terbaik untuk anda. Salah satu fitur unggulan smartwatch ini adalah ECG (electrocardiogram) sebuah fitur yang dapat merekam detak jantung pengguna dan dapat mendeteksi bila suatu saat ada ritme detak jantung yang berbeda dari biasanya.

 

Cek daya tahan baterai

Source: https://gadgetsandwearables.com/

Memeriksa kapasitas baterai menjadi salah satu tips memilih smartwatch yang tidak boleh terlewat. Bila anda lebih sering bekerja di luar ruangan, memiliki aktivitas padat serta banyak mengandalkan smartphone, rekomendasi smartwatch yang tepat untuk anda adalah smartwatch dengan daya tahan baterai yang lebih besar agar tidak perlu repot mengisi daya smartwatch.

Cek material bahan yang menyusun smartwatch

Source: durabilitymatters.com

Tips memilih smartwatch selanjutnya adalah mengetahui material bahan utama yang menyusun smartwatch. Tips memilih smartwatch ini penting untuk diperhatikan agar anda dapat mengetahui rekomendasi smartwatch yang tepat dan bagaimana cara perawatannya. Misalnya, bagi anda yang berjiwa aktif dan dinamis, maka rekomendasi smartwatch untuk anda adalah smartwatch yang dilengkapi antigores dengan bahan yang mudah perawatannya.

 

Sesuaikan desain smartwatch dengan Gaya Favorit Anda

Source: https://www.wareable.com/

Tips memilih smartwatch selanjutnya adalah menyesuaikan smartwatch dengan gaya fashion favorit anda. Bagi anda yang menyukai penampilan stylish, simple namun tetap elegan, Apple Watch Series 4 dapat menjadi yang sesuai untuk anda. Hadir dengan pilihan frame berbahan stainless steel dan aluminium yang elegan ditambah dengan pilihan strap yang variatif membuat Apple Watch Series 4 menjadi pilihan tepat untuk menunjang penampilan anda.

 

Sesuaikan dengan aktivitas anda

Source: Photo by Jonathan Borba from Pexels

Tips memilih smarwatch bagi pecinta mode: Jika anda menggunakan smartwatch untuk mengikuti mode, rekomendasi smartwatch yang tepat adalah smartwatch dengan harga terjangkau yang dilengkapi fitur pelindung.

Tips memilih smartwatch bagi anda yang menyukai kegiatan outdoor, pilihlah smartwatch yang terbuat dari bahan anti air, anti debu dan tahan banting.
Tips memilih smartwatch bagi anda yang gemar berolahraga dan memperhatikan gaya hidup sehat, carilah smartwatch yang memiliki fitu fitness & health tracking.

Itulah beberapa tips memilih smartwatch sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jadi, smartwatch manakah yang menjadi incaran anda saat ini?