Source: https://stocksnap.io/author/timsullivan

 

Processor gaming – Performa sebuah komputer gaming sangat bergantung pada kinerja processor atau CPU yang bekerja sebagai otak dari computer tersebut. Maka dari itu, menentukan jenis processor yang tepat untuk menunjang aktivitas bermain game di PC atau laptop tidak bisa dilakukan asal-asalan. Agar hobi gaming anda berjalan lancar tanpa lag, selain menentukan jenis processor gaming yang tepat, satu hal penting lainnya yang harus anda pahami adalah cara merawat processor tersebut agar awet dan bekerja dengan performa terbaiknya.

Saat ini, ada banyak sekali jenis processor yang menunjang aktivitas bermain game di komputer dengan beragam spesifikasi. Bila anda tertarik untuk memiliki komputer gaming namun masih bingung menentukan jenis processor manakah yang akan menunjang kebutuhan gaming anda, artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk anda karena dalam artikel ini anda bisa mendapatkan tips memilih processor gaming serta cara merawat processor agar lebih awet dan memberikan performa optimal khususnya untuk kebutuhan gaming. Sudah siap?

Tips Memilih Jenis Processor untuk Gaming

Photo by Pok Rie from Pexels

 

Ketika hendak memilih processor gaming usahakan untuk mengetahui seberapa jauh performa processor dengan melihat hasil benchmark dari jenis processor yang akan dipilih. Dengan benchmark anda bisa mengetahui score yang didapat processor secara real dan membandingkannya dengan processor incaran anda yang lainnya. Semakin tinggi score yang diraih maka semakin baik performa processor tersebut. Saat ini sudah banyak website internasional maupun lokal yang mengulas tentang hasil benchmark perangkat komputer, termasuk untuk berbagai jenis processor. Manfaatkanlah website tersebut untuk menentukan processor gaming terbaik bagi anda.

Seiring berjalannya waktu, processor terus membuat peningkatan dan pengembangan kualitas di tiap generasi terbarunya, yang memberikan peningkatan performa cukup signifikan antara processor pendahulu dan processor terbaru. Oleh karena itu, dalam mempertimbangkan jenis processor gaming mana yang akan anda pilih, akan lebih baik jika mempertimbangkan kebaruan generasi dari processor tersebut.

Tips memilih processor gaming yang tak boleh terlewat adalah memperhatikan kesesuaian processor dengan motherboard karena tidak semua jenis processor dapat bekerja dengan semua motherboard.

Memperhatikan jumlah core pada jenis processor yang akan anda pilih juga penting untuk dilakukan. Semakin banyak jumlah core pada sebuah processor, maka semakin baik performa multitasking processor tersebut. Pilihlah jenis processor dengan jumlah core yang memiliki kompatibilitas dengan game yang akan anda mainkan. Misalnya, untuk memainkan game GTA V, anda membutuhkan processor dengan empat core atau lebih untuk memainkannya.

Tips memilih jenis processor gaming yang tak kalah penting adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bila anda membutuhkan processor dengan harga yang lebih terjangkau dan spesifikasi mumpuni, processor AMD adalah jawabannya. Tapi bila anda menginginkan performa gaming yang lebih prima dengan daya tahan yang baik serta tidak masalah dengan harga, Intel adalah processor yang tepat untuk anda. Processor Intel dikenal lebih bagus untuk performa gaming karena memiliki single thread yang lebih baik dari AMD.

 

Source: jktgadget.com

MSI Trident X-284 dapat menjadi gaming desktop dengan processor gaming terbaik untuk menunjang aktivitas bermain game anda. Dilengkapi processor Intel core i7 generasi 9 dengan 8 core memberikan pengalaman bermain game komputer terbaik tanpa masalah yang pastinya akan memanjakan anda. Dapatkan MSI Trident X-284 dengan harga terbaik di sini.

 

Cara Merawat Processor Komputer Gaming

Source: Photo by Martin Lopez from Pexels

 

Bila sudah ditemukan jenis processor gaming yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda, jangan lupa lakukan perawatan agar processor berumur panjang dan tetap memberikan performa terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat processor yang efektif untuk merawat processor gaming yang anda miliki.

Menjaga suhu processor tetap stabil merupakan cara merawat processor yang penting dilakukan agar komponen ini tetap bisa bekerja optimal dan tidak mengalami overheat. Anda bisa memanfaatkan berbagai software gratis yang ada untuk memantau suhu processor gaming yang anda gunakan.

Membersihkan komputer secara berkala adalah salah satu cara merawat processor yang penting namun seringkali terabaikan. Debu yang menumpuk dapat menyebabkan overheating, oleh karena itu membersihkan debu terutama yang ada pada kipas dan heatsink processor minimal satu bulan sekali penting dilakukan untuk mencegah terjadinya overheat.

Cara merawat processor agar tetap prima yang utama adalah menjaga suhu processor tetap stabil. Anda perlu memilih bahan thermal paste berkualitas yang efektif mengontrol suhu pada processor dan bila dibutuhkan, gunakan fan dan heatsink tambahan yang sesuai dengan ukuran komputer anda agar suhu processor tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *