Sumber: pixabay.com

Sama halnya dengan smartphone, komputer atau laptop kini telah menjadi perangkat yang wajib dimiliki. Keberadaannya tidak lagi sebatas alat kerja semata. Laptop kini juga banyak digunakan sebagai perangkat multimedia dan hiburan. Namun agar tidak salah pilih, penting untuk memahami perbedaan laptop dan notebook sebelum menentukan keputusan.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Sumber: pixabay.com

Istilah laptop dan notebook kerap disamakan oleh mayoritas orang. Banyak yang memandang bahwa laptop dan notebook itu sama. Padahal ada perbedaan fundamental antara keduanya. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan laptop dan notebook.

1. Ukuran Layar

Perbedaan paling mencolok antara laptop dan notebook dapat dilihat dari ukuran layarnya. Laptop umumnya memiliki layar berukuran 18 inci atau lebih. Di sisi lain, notebook memiliki ukuran layar yang lebih kecil. Ukurannya sendiri berada di kisaran 13 – 18 inci.

2. Bobot

Perbedaan ukuran layar secara otomatis berpengaruh pada perbedaan bobot antara laptop dan notebook. Karena ukuran layar laptop lebih besar, bisa dipastikan bobotnya juga lebih berat dibandingkan notebook. Entah itu laptop untuk mahasiswa atau laptop untuk kerja, perbedaan tersebut selalu bisa dijumpai.

3. Kartu Grafis

Perbedaan laptop dan notebook berikutnya juga dapat dilihat dari spesifikasi kartu grafis yang digunakan. Dalam hal ini, laptop menggunakan kartu grafis atau VGA yang lebih tangguh. Di sisi lain, notebook hanya menggunakan kartu grafis dengan spesifikasi sedang atau lebih kecil dibandingkan laptop.

4. Kapasitas RAM

Besar kecilnya kapasitas RAM menentukan performa perangkat komputer, khususnya saat digunakan untuk menjalankan software berat atau menjalankan banyak software dalam satu waktu.

Terkait dengan hal tersebut, laptop umumnya dibekali dengan RAM yang lebih besar dibandingkan notebook. Jika notebook untuk mahasiswa kini banyak yang menggunakan RAM 4 GB, laptop sedikitnya telah dibekali dengan RAM berkapasitas 8 GB. Selain itu dukungan upgrade RAMnya juga lebih besar.

5. DVD ROM

Notebook modern kini banyak yang sudah tidak lagi menggunakan DVD ROM. Jika ingin membaca CD atau DVD, kamu harus membeli DVD ROM eksternal sendiri.

Hal tersebut tidak berlaku pada laptop. Pada laptop, DVD ROM masih menjadi komponen yang kerap dijumpai. Perbedaan laptop dan notebook inilah yang kerap dijadikan salah satu pertimbangan saat dihadapkan pada pilihan antara laptop atau notebook.

Rekomendasi Laptop dan Notebook untuk Mahasiswa

Sumber: medcom.id

Setelah mengetahui perbedaan laptop dan notebook, kini kamu punya lebih banyak gambaran tentang perangkat mana yang cocok untuk dijadikan pilihan. Namun dengan banyaknya merek dan seri laptop, menemukan laptop untuk mahasiswa jelas cukup memusingkan.

Jika berbicara tentang rekomendasi laptop dan notebook untuk mahasiswa, akan jauh lebih mudah jika memulainya dari merek yang dikenal kredibel. Selanjutnya, kamu bisa mulai merumuskan kebutuhan komputasi sehari-hari.

Untuk kebutuhan mahasiswa, biasanya komputasi yang dilakukan lebih erat kaitannya dengan pengetikan dan browsing. Multimedia dan game juga penting. Karena itu, laptop untuk mahasiswa yang dipilih setidaknya memiliki spesifikasi prosesor kelas menengah dengan RAM minimal 4 GB dan media penyimpanan minimal 500 GB. Untuk mendapatkan performa grafis yang lebih menyenangkan, akan lebih baik jika memilih notebook untuk mahasiswa yang telah dibekali VGA dedicated NVIDIA GeForce atau minimal ATI Radeon.

Jika mengacu pada pertimbangan-pertimbangan di atas, ASUS memiliki beberapa kandidat yang cocok. Salah satunya adalah seri ASUS VivoBook.

Notebook yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai kandidat notebook untuk mahasiswa. Desainnya terkesan minimalis dan elegan. Spesifikasi yang ditawarkan juga cukup menjanjikan.

Meski bukan tergolong sebagai laptop untuk mahasiswa yang bertenaga, ASUS seri VivoBook memiliki performa yang bisa diandalkan. Seri ini juga tersedia dalam beberapa pilihan spesifikasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Bagi kamu yang sedang mencari notebook untuk mahasiswa, JKT gadget punya jawabannya. Beragam koleksi ASUS VivoBook juga dapat dijumpai di sini. Tidak hanya itu, semua laptop untuk mahasiswa yang tersedia juga dijamin asli dan bergaransi resmi.

Dapatkan laptop untuk mahasiswa dengan spesifikasi terbaik dan versi terbaru. JKTGadget menyediakan notebook dan laptop dengan harga bervarian sesuai kebutuhan Anda.