Resource: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Cara Mengatasi Kelelahan – Apakah anda sering merasakan tubuh anda mudah lelah bahkan saat anda sudah beristirahat? Nyatanya banyak faktor penyebab mudah lelah yang dialami oleh seseorang. Bila tidak segera ditangani, kelelahan ini dapat membawa masalah lebih serius dan berbahaya bagi kesehatan diantaranya, menurunnya tingkat konsentrasi, hingga menurunnya daya tahan tubuh yang beresiko membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Penyebab mudah lelah yang dirasakan seseorang dapat berbeda-beda antara satu dan lainnya dan perlu penanganan yang tepat sehingga memahami cara mengatasi kelelahan berdasarkan penyebabnya pun perlu diketahui dengan baik agar masalah kelelahan tubuh dapat teratasi secara efektif.

Mau tahu apa saja faktor penyebab mudah lelah dan apa dampaknya terhadap tubuh serta bagaimana cara mengatasi kelelahan yang tak kunjung hilang? Yuk simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui penyebab mudah lelah, dampaknya serta cara mengatasi kelelahan tersebut.

Dehidrasi

Source: www.alodokter.com

Salah satu penyebab mudah lelah yang sering disepelekan adalah dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat menjadi faktor penyebab mudah lelah yang dalami seseorang karena saat dehidrasi, jantung bekerja lebih keras untut memompa darah ke seluruh tubuh yang membuat tubuh menjadi cepat lelah. Memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum air sesuai kebutuhan merupakan cara mengatasi kelelahan yang diakibatkan dehidrasi. Cara mengatasi kelelahan ini terbilang mudah dan murah, maka kenapa tidak mulai dicoba dari sekarang?

 

Masalah Tidur

https://cdn.psychologytoday.com

 

Faktor lain yang menjadi penyebab mudah lelah adalah masalah tidur seperti kurang tidur, pola tidur tidak teratur hingga insomnia. Cara mengatasi kelelahan akibat masalah tidur diantaranya konsisten dalam membuat dan mematuhi jadwal tidur, serta menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu kualitas tidur minimal satu jam seperti mematikan smartphone sejam sebelum tidur.

 

Anemia

healthline.com

 

Anemia dapat menjadi penyebab mudah lelah yang dirasakan seseorang terutama bagi para wanita. Penderita anemia juga sering merasakan gejala lain sperti sakit kepala, kedinginan, hingga emosi yang tidak stabil. Kondisi ini umumnya terjadi karena kurangnya asupan zat besi serta vitamin B. Cara mengatasi kelelahan yang diakibatkan anemia adalah dengan menerapkan pola makan dengan cukup zat besi dan vitamin dibantu dengan konsumsi suplemen zat besi serta multivitamin.

 

Konsumsi Kafein Berlebihan

Source: pexels.com

Faktor penyebab mudah lelah yang dialami seseorang bisa jadi disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Konsumsi kafein memang memberikan energi instant namun efek buruknya memberikan rasa lelah luar biasa setelahnya karena tubuh dipaksa untuk tetap bekerja meski sudah mengirimkan sinyal bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Cara mengatasi kelelahan akibat konsumsi kafein berlebihan tentunya dengan mengurangi konsumsi kafein sesuai batas yang dapat diterima tubuh.

 

Minim Kegiatan Fisik

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

 

Salah satu penyebab mudah lelah yang sering terabaikan adalah kurangnya kegiatan fisik. Sebuah studi menunjukkan bila orang dewasa yang rutin olahraga ringan beberapa kali dalam kurun waktu enam minggu memiliki lebih banyak energi dan tidak mudah lelah. Mereka yang rutin meluangkan waktu untuk berolahraga setiap minggunya juga dilaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik meski jangka waktu tidurnya lebih pendek.

 

Source: jktgadget.com

 

Cara mengatasi kelelahan akibat kurangnya aktivitas fisik adalah dengan rutin meluangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga yang dimaksud dalam hal ini adalah olahraga yang terkontrol. Bagaimana cara mengetahui proses olahraga agar tetap terkontrol? Melalui fitur App Workout yang tersemat dalam Apple Watch Series 4, anda dapat menentukan target, mengukur pembakaran kalori serta memantau proses olahraga yang sedang berjalan. Fitur pace alerts akan menjadi pemandu anda untuk menilai apakah olahraga yang anda lakukan sudah sesuai target atau belum. Dengan Apple Watch Series 4, pengalaman berolahraga menjadi lebih mantap dan terkontrol berkat berbagai fitur kesehatan yang tersemat di dalamnya. Dapatkan Apple Watch 4 original di JKTGadget dengan klik disini.

Mengatasi penyebab mudah lelah yang dirasakan perlu dilakukan dengan konsisten. Oleh karenanya, kunci dari segala cara mengatasi kelelahan adalah konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat. Sudahkah anda melakukannya?