Source: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

 

Ada banyak alasan yang mendorong seseorang untuk berolahraga diantaranya,olahraga untuk menjaga kebugaran, olahraga untuk jantung yang lebih sehat, hingga olahraga menurunkan berat badan. Salah satu pilihan olahraga yang banyak dilakukan adalah lari dan jogging. Meski terlihat sederhana, lari dan jogging memiliki banyak manfaat bila dilakukan secara rutin diantaranya olahraga untuk jantung yang lebih kuat dan sehat, olahraga menurunkan berat badan dan olahraga yang tepat untuk membentuk otot tubuh.

Pagi hari adalah waktu yang paling disarankan untuk melakukan lari dan jogging karena udara yang dihirup ketika berolahraga di pagi hari masih bersih dan kaya oksigen. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat lari pagi setiap hari dan manfaat jogging pagi yang bisa anda dapatkan.

 

Melatih Kekuatan Otot Kaki

Source: Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Bila rutin dilakukan, manfaat lari pagi setiap hari akan membuat otot kaki ebih kuat. Manfaat jogging pagi hari pun tidak jauh berbeda karena aktivitas jogging menekankan pada gerakan kaki yang konstan.

 

Olahraga untuk Jantung yang Lebih Sehat

Source: Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels

Salah satu manfaat jogging pagi adalah memperkuat fungsi jantung serta menurunkan resiko gangguan tekanan darah. Jadi bila anda ingin olahraga untuk jantung yang lebih sehat, jogging menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Sama seperti jogging, lari pun dapat menjadi olahraga untuk jantung yang lebih sehat. Dapat dikatakan, lari dan jogging adalah olahraga untuk jantung yang paling hemat dan mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat khusus untuk melakukannya.

Semakin cepat anda berlari, semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan diserap oleh tubuh. Oksigen ini kemudian akan mengalir bersama darah dan dipompa jantung ke seluruh tubuh. Inilah mengapa lari dan jogging adalah olahraga untuk jantung yang tepat untuk anda lakukan secara rutin.

 

Meningkatkan Stamina

Source: Photo by Bruno Bueno from Pexels

 

Manfaat jogging pagi dan manfaat lari pagi setiap hari selain sebagai olahraga untuk jantung yang lebih sehat adalah meningkatkan stamina dan konsentrasi aktivitas harian. Itulah mengapa bagi mereka yang rutin melakukan jogging dan lari di pagi hari memiliki energi yang lebih banyak dan memiliki fokus yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

 

Olahraga Menurunkan Berat Badan

Source: Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Ada banyak rekomendasi olahraga menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal. Lari dan jogging merupakan alternatif pilihan olahraga menurunkan berat badan terbaik untuk membantu anda mendapatkan berat badan ideal. Manfaat jogging pagi secara rutin dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh. Inilah mengapa jogging termasuk dalam olahraga menurunkan berat badan yang baik untuk anda. Manfaat lari pagi setiap hari pun tidak jauh berbeda dengan jogging sebagai olahraga menurunkan berat badan. Namun hal ini juga tetap harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan tepat sesuai kebutuhan tubuh ya!

 

Mengatasi Stress

Source: Photo by Jill Wellington from Pexels

Mengatasi stress adalah salah satu manfaat lari pagi setiap hari sekaligus manfaat jogging pagi selain sebagai olahraga menurunkan berat badan. Lari dan jogging memicu pelepasan hormone endorphin oleh tubuh sehingga dapat menimbulkan perasaan senan dan dapat mengurangi stress yang dialami seseorang.

 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Source: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Bila anda memiliki masalah tidur yang kurang berkualitas, manfaat jogging pagi inilah yang mungkin anda butuhkan: memperbaiki kualitas tidur. Tidur yang berkualitas juga bisa anda dapatkan sebagai manfaat lari pagi setiap hari. Lari dan jogging dapat mengurangi masalah tidur dengan meminimalisir kecemasan dan depresi sehingga orang yang rutin melakukannya akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Bila anda ingin mendapatkan manfaat lari pagi setiap hari secara optimal (begitu pula dengan manfaat jogging pagi), maka memantau data statistik fisik anda ketika melakukan kedua aktivitas ini menjadi hal yang penting disamping menerapkan cara jogging dan lari dengan benar. Garmin Venu adalah partner berolahraga yang dapat anda andalkan untuk memantau data statistik fisik anda selama melakukan jogging dan lari.

Smartwatch Garmin Venu dapat merekam berbagai data kondisi fisik anda ketika melakukan jogging dan lari, mulai dari menunjukkan denyut jantung berbasis pergelangan tangan, saturasi oksigen dalam darah, body battery, dan masih banyak lainnya. Informasi statistik ini memudahkan anda untuk menentukan target lari dan jogging yang sesuai dengan kebuthan fisik anda. Dapatkan Garmin Venu original bergaransi hanya di JKTGadget.