Sumber: pexels.com

Setiap barang elektronik memiliki masa pakainya masing-masing. Hal yang sama juga berlaku pada laptop. Jika sudah mencapai batasnya, laptop dipastikan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Namun meski kerusakan tidak dapat dihindari, masa pakainya masih dapat dimaksimalkan dengan cara merawat motherboard laptop yang benar. 

Mengenal Ciri-Ciri Motherboard yang Mulai Rusak

Sumber: pexels.com

Seiring dengan berjalannya waktu, motherboard akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Ciri-ciri motherboard rusak sendiri cukup mudah untuk dikenali. Salah satunya adalah terdengar bunyi bip berulang kali. Selain sering muncul bunyi bip, tanda-tanda berikut ini juga patut diwaspadai.

1. Panas Berlebih pada Laptop

Laptop umumnya baru terasa panas setelah digunakan minimal selama 3 jam. Bahkan pada laptop-laptop modern terkadang butuh waktu lebih lama dari itu. Profil pemakaian juga turut mempengaruhi. Jika laptop digunakan untuk bermain game atau menjalankan software berat, laptop cenderung lebih cepat panas.

Skenario di atas wajar terjadi dan bukan termasuk ciri-ciri motherboard rusak. Tapi kalau baru beberapa saat dinyalakan laptop sudah terasa panas, bisa dipastikan ada yang salah dengan sistem pendingin di dalamnya. Ciri-ciri motherboard rusak yang satu ini juga terbilang lazim dijumpai.

2. Muncul Masalah Saat Memasuki BIOS

Ciri-ciri motherboard rusak lainnya adalah muncul masalah pada BIOS. Saat menekan tombol untuk masuk ke BIOS, biasanya laptop akan meresponsnya dengan cepat. Tapi jika setelah tombol ditekan tidak ada respons atau bahkan stuck pada menu BIOS, ada baiknya kamu segera mulai mencari penyebab motherboard rusak yang mungkin terjadi.

3. Komputer Sering Mati Sendiri

Laptop normal hanya akan mati jika memang dimatikan atau terputus dari sumber listrik. Jika tidak ada masalah dengan sumber listrik dan laptop sering tiba-tiba mati atau restart sendiri, ini bisa menjadi ciri-ciri motherboard rusak yang patut diwaspadai.

Penyebab Motherboard Rusak

Sumber: pexels.com

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab motherboard rusak. Selain karena penyebab buatan seperti overclock yang berlebihan, motherboard juga bisa rusak karena penyebab berikut ini.

1. Adanya Kerusakan pada IC Chipset dan IC PSU

Jika laptop terasa cepat panas, kemungkinan ada masalah pada IC chipset dan IC PSU. Selain karena faktor usia atau cacat produksi, pemasangan yang kurang sempurna juga kerap menjadi penyebab motherboard rusak. Jadi untuk memastikannya, kamu perlu membongkar laptop dan memeriksa apakah semua komponen sudah terpasang dengan baik.

2. Kerusakan pada BIOS

Sebenarnya BIOS merupakan software bawaan yang terinstal secara langsung pada motherboard. Jadi jika ada masalah pada BIOS, masalah tersebut sangat erat kaitannya dengan kerusakan pada motherboard.

3. Suplai Listrik Tidak Stabil

Penyebab motherboard rusak yang juga patut diwaspadai adalah suplai listrik yang tidak stabil. Naik turunnya tegangan listrik dapat memberatkan kinerja laptop. Inilah yang kemudian menjadi penyebab motherboard rusak.

Cara Merawat Motherboard

Sumber: pexels.com

Agar motherboard tidak cepat rusak, kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut cara merawat motherboard laptop yang bisa kamu terapkan.

1. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Semakin lama kamu menggunakan laptop, masa pakainya juga akan semakin cepat terkuras. Karena itu, hindari penggunaan laptop yang terlalu lama. Jika tidak digunakan, pastikan untuk mematikannya.

2. Cek Charger Laptop

Suplai listrik yang tidak stabil kerap menjadi penyebab cepat rusaknya motherboard. Meski demikian, ada kemungkinan masalah tersebut justru muncul akibat charger yang tidak berfungsi dengan baik. 

Cek charger laptop jika ada kemungkinan kerusakan. Cara merawat motherboard laptop yang satu ini dapat diterapkan mulai dari memeriksa kondisi fisik hingga mengukur tegangan yang dikeluarkan charger.

3. Bersihkan Motherboard

Debu yang menumpuk bisa memberatkan kinerja kipas pendingin. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, lama-lama justru motherboard yang rusak. Bersihkan motherboard laptop secara berkala. Dengan cara merawat motherboard laptop yang satu ini, motherboard berpeluang bertahan lebih lama.

Kualitas motherboard juga menentukan masa pakainya. Karena itu, penting untuk mengombinasikan antara memilih laptop dari merek yang telah teruji kualitasnya dengan menerapkan cara merawat motherboard laptop. Jika kamu sedang mencari laptop baru dari merek-merek kenamaan dunia, JKT Gadget punya solusinya.