Sumber: lifewire.com

Salah satu komponen dalam laptop yang rentan rusak adalah keyboard. Sebagai media input, keyboard sering diperlakukan dengan cara yang kurang tepat. Ditekan terlalu keras hingga jarang dibersihkan, hal-hal sepele seperti ini justru kerap menjadi penyebab keyboard laptop rusak.

Pengetahuan akan cara merawat keyboard laptop jelas akan sangat membantu dalam menjaga keyboard agar tidak mudah rusak. Bukan hanya terbatas pada pengetahuan akan cara membersihkan keyboard laptop, kamu juga harus tahu tips merawat keyboard laptop.

 

Tips Merawat Keyboard Laptop

Sumber: wired.com

Keyboard sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Agar tetap berfungsi normal, kamu cukup menghindari penyebab keyboard laptop rusak dan menggunakannya dengan cara yang benar. Tips berikut juga dapat membantu memaksimalkan masa pakai keyboard laptopmu.

1. Jangan Terlalu Kencang Menekan Keyboard

Sebenarnya keyboard laptop memiliki sensitivitas yang cukup baik. Cukup dengan tekanan lembut, laptop sudah bisa menerimanya sebagai sebuah input. Kamu tidak perlu menekan keyboard terlalu kencang.

Terlalu kencang menekan keyboard termasuk salah satu penyebab keyboard laptop rusak yang paling sering dijumpai. Karena itu, hindari pemakaian seperti ini.

2. Bersihkan Keyboard dari Debu yang Menempel

Perlu diketahui, keyboard bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Bahkan dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa dudukan toilet relatif lebih bersih dibandingkan keyboard laptop yang jarang dibersihkan.

Kotoran dan debu yang menempel pada keyboard bisa masuk ke dalam laptop dan menjadi penyebab keyboard laptop rusak. Hal ini bisa mengganggu fungsi keyboard. Tapi agar tidak melahirkan masalah baru, kamu juga harus tahu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop dengan benar.

3. Gunakan Pelindung Keyboard

Satu lagi cara merawat keyboard laptop yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan cover keyboard atau pelindung keyboard. Aksesori ini dapat membantu melindungi keyboard dari debu yang menempel. Bukan hanya debu, cairan juga dapat ditahan agar tidak langsung masuk dan merusak komponen di dalam keyboard.

4. Jangan Meletakkan Beban Berat di Atas Keyboard

Cara merawat keyboard laptop yang juga harus selalu diingat adalah jangan meletakkan benda berat di atas keyboard. Memberi beban berlebih pada keyboard dipastikan bisa memperpendek usia keyboard itu sendiri. 

5. Bersihkan Keyboard Laptop secara Berkala

Debu dan kotoran yang menempel di permukaan mungkin tidak akan langsung merusak keyboard. Namun dalam jangka panjang, debu bisa masuk ke sela-sela tombol bahkan merusak komponen di dalamnya.

Hal seperti ini bisa dihindari dengan membersihkan keyboard secara berkala. Ketahui cara membersihkan keyboard laptop yang benar. Dengan demikian, keyboard bisa lebih awet.

Cara Membersihkan Keyboard


Sumber: howtocleanthings.com

Sebenarnya tidak ada yang sulit dengan cara membersihkan keyboard laptop. Namun agar lebih jelas, berikut caranya.

1. Pastikan Laptop dalam Kondisi Mati

Sebelum mulai membersihkan keyboard, pastikan laptop dalam kondisi mati. Jika laptop masih dalam kondisi hidup, segera matikan. Membersihkan keyboard laptop dalam kondisi hidup memang tetap bisa dilakukan. Hanya saja, tombol yang secara tidak sengaja tertekan selama proses membersihkan dipastikan akan sangat mengganggu.

2. Lap Keyboard dengan Kain Mikrofiber

Sangat disarankan membersihkan keyboard laptop dengan kain mikrofiber. Basahi kain dengan cairan disinfektan. Setelah kain dirasa cukup lembab, gunakan kain tersebut untuk membersihkan keyboard. Lakukan cara merawat keyboard laptop yang satu ini ke seluruh permukaan keyboard.

3. Keringkan Keyboard

Cara membersihkan keyboard laptop harus dilakukan dengan benar. Keyboard yang selesai dilap harus dikeringkan terlebih dahulu. Jangan langsung menyalakan laptop. Untuk mengeringkan keyboard, kamu bisa menggunakan kain yang masih kering.

Masa pakai keyboard sangat ditentukan oleh bagaimana cara merawat keyboard laptop. Kamu juga harus menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop rusak. Jika kamu membutuhkan laptop berkualitas dengan keyboard yang nyaman dan awet, ada banyak laptop HP yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Itulah penyebab keyboard laptop rusak. Semoga artikel untuk membantu permasalahan Anda, ya!