Sumber: pixabay.com

Profesi content creator kini telah menjadi salah satu profesi yang banyak digandrungi oleh generasi muda. Kebebasan dalam berkarya dan berekspresi menjadi salah satu alasannya. Namun untuk membuat konten yang bagus, butuh lebih dari sekedar ide brilian. Kamu juga butuh laptop content creator yang mampu mewujudkan kreativitasmu.

Tips Memilih Laptop untuk Content Creator

Sumber: pixabay.com

Sebelum berbicara tentang bagaimana memilih laptop content creator, ada satu hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Hal tersebut adalah konten seperti apa yang akan dibuat nanti. Jika konten yang dibuat lebih sering berupa konten gambar atau tulisan, spesifikasi tinggi bukan hal yang wajib. Tapi jika konten yang dibuat lebih banyak berupa video, kamu wajib menggunakan pendekatan cara memilih laptop untuk editing video.

1. Spesifikasi Prosesor

Otaknya komputer dan laptop adalah prosesor. Seberapa cepat kinerja sebuah laptop, semua itu sangat ditentukan oleh prosesor yang digunakan. Prosesor yang bertenaga juga akan sangat membantu saat proses rendering video.

Jika kamu sedang mencari laptop untuk editing video, sebaiknya pilih prosesor yang jumlah core-nya banyak. Pastikan juga prosesor tersebut sudah dilengkapi fitur multi thread. Untuk prosesor Intel, minimal pilih Core i5. Sedangkan untuk prosesor AMD, paling tidak pilih seri Ryzen 5.

2. Kapasitas RAM

Pembuatan konten sering kali menuntut RAM yang cukup besar. Software editing video sendiri membutuhkan memori yang cukup besar untuk menjalankannya dengan lancar. Belum lagi jika kamu perlu membuka beberapa software sekaligus. Untuk itulah, kapasitas RAM menjadi sangat penting. 

Kapasitas RAM yang direkomendasikan untuk laptop content creator minimal adalah 8 GB. Semakin besar kapasitas RAM tentu akan semakin bagus. Dengan kapasitas memori yang besar, multitasking dapat dilakukan dengan lebih lancar.

3. Kartu Grafis

Laptop content creator wajib memiliki kartu grafis dedicated. Kartu grafis atau VGA dedicated akan sangat membantu pembuatan konten video. Kartu grafis yang direkomendasikan untuk content creator adalah ATI Radeon atau NVIDIA GeForce.

4. Layar Laptop

Untuk menunjang performa kartu grafis, kamu juga wajib mempertimbangkan layar laptop yang digunakan. Layar laptop untuk editing video minimal sebesar 14 inci dan sudah Full HD. Cari yang jenis layarnya sudah IPS dan minimal 90% RGB. Hal tersebut perlu dipertimbangkan mengingat akurasi warna begitu penting dalam pembuatan konten gambar dan video.

5. Media Penyimpanan

Saat berbicara tentang media penyimpanan, sebaiknya jangan hanya berpatokan pada kapasitas. Kapasitas memang penting. Namun lebih dari itu, kecepatan baca dan tulis media penyimpanan harus mendapat perhatian lebih.

Untuk laptop content creator, lebih direkomendasikan untuk memilih laptop yang sudah menggunakan media penyimpanan SSD. Kecepatan baca dan tulis media penyimpanan ini jauh lebih tinggi dibandingkan harddisk. Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan.

Rekomendasi Laptop Lenovo untuk Content Creator

Sumber: windowscentral.com

Spesifikasi laptop memang sangat penting dalam proses pembuatan konten, khususnya konten video. Laptop untuk editing video sendiri memang identik dengan spesifikasi tinggi. Salah satu rekomendasi laptop yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut adalah Lenovo LEGION Y545.

Laptop buatan Lenovo ini dibekali prosesor Intel Core i7 generasi ke-9. Kapasitas RAMnya sendiri cukup besar, yakni 16 GB DDR4. Untuk menunjang kebutuhan grafis, Lenovo telah menyematkan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti GDDR6 dengan 6 GB VRAM. Performa grafis ini pun terlihat semakin sempurna berkat penggunaan layar IPS 15,6 inci beresolusi Full HD.

Media penyimpanan Laptop untuk editing video Lenovo LEGION Y545 juga sudah menggunakan SSD berkapasitas 512 GB. Selain kencang, kapasitas penyimpanan yang ditawarkan juga terbilang sudah cukup besar.

Semua keunggulan Lenovo LEGION Y545 di atas bisa kamu temukan di JKT Gadget. Dengan harga Rp 19.399.000, kamu sudah bisa mendapatkan laptop content creator yang tangguh.