Sumber: pexels.com

Setiap pemilik laptop tentu berharap laptop miliknya dapat bertahan selama mungkin. Namun layaknya barang elektronik yang lain, laptop juga memiliki batas usianya sendiri. Secara rata-rata laptop memiliki usia pakai di angka 5 tahun. Jika sudah mencapai batas usianya, biasanya mulai muncul tanda-tanda masalah yang bisa berkembang menjadi penyebab laptop rusak.

Tanda Laptop Harus Segera Diganti

Sumber: pexels.com

Meski sudah lewat 5 tahun, tidak sedikit laptop yang masih berfungsi. Hanya saja, ada beberapa masalah yang turut menyertai. Beberapa masalah yang muncul memang bisa dikesampingkan. Namun jika kamu menemukan tanda-tanda berikut ini, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri untuk mencari tips membeli laptop baru.

1. Cepat Panas

Baru digunakan beberapa menit tapi laptop sudah terasa panas? Atau mungkin laptop baru dinyalakan tapi panas sudah mulai terasa? Laptop yang sudah cukup berumur biasanya memiliki masalah seperti ini. Meski terkesan sepele, panas yang dihasilkan bisa mempengaruhi performa bahkan menjadi salah satu penyebab laptop rusak.

2. Performa Lambat

Panas pada laptop bisa mempengaruhi performa. Semakin tinggi suhunya, performa laptop biasanya akan semakin melambat. Selain itu, update dan peningkatan pada software yang biasa digunakan juga melahirkan satu konsekuensi yang tidak dapat dihindari. 

Seiring dengan semakin tingginya versi software yang digunakan, spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya juga turut meningkat. Itulah kenapa laptop lama umumnya cukup kesulitan saat menjalankan software-software terbaru. Jika menemukan kasus seperti ini, sebaiknya kamu segera mulai mencari tips membeli laptop baru.

3. DVD ROM Tidak dapat Bekerja dengan Baik

Laptopmu mulai susah membaca CD atau DVD? Pada laptop yang dibekali DVD ROM, masalah seperti ini sering terjadi. Seiring dengan usia laptop, fungsi DVD ROM biasanya akan semakin menurun. 

4. Baterai Laptop Rusak

Setiap tahunnya, kapasitas baterai laptop akan mengalami penyusutan. Hingga akhirnya, baterai tidak lagi mampu menyimpan daya dan laptop terpaksa harus bekerja dengan adaptor yang terus terhubung.

Kamu memang masih bisa menggunakan laptop meski baterainya sudah rusak. Namun jika aliran listrik sampai terputus, laptop akan langsung mati. Hal ini bisa menjadi penyebab laptop rusak yang harus disikapi dengan serius.

5. Software Terbaru Tidak Bisa Dijalankan

Setiap software memiliki spesifikasi minimum untuk menjalankannya. Jika spesifikasi tersebut tidak terpenuhi, software tidak akan dapat diinstal dan dijalankan.

Masalah seperti ini mungkin tidak begitu mengganggu jika software yang akan diinstal bukan termasuk software yang sering kamu gunakan. Tapi jika sebaliknya, tentu akan menjadi masalah yang sangat serius.

Tips Membeli Laptop Baru

Sumber: pexels.com

Tanda-tanda di atas dapat berkembang menjadi penyebab laptop rusak. Meski demikian, sebaiknya jangan tunggu sampai laptop benar-benar mati dan tidak dapat digunakan lagi. Segera amankan data-data penting di dalamnya dan mulai cari laptop baru. Jika kamu bingung laptop mana yang sebaiknya dipilih, berikut tips membeli laptop baru.

1. Tentukan Budget

Untuk menghindari pengeluaran berlebih, sebaiknya tentukan budget terlebih dahulu. Kamu bisa mengacu pada pembelian laptop sebelumnya untuk membantu menentukan budget yang tepat.

2. Sesuaikan dengan Tipikal Penggunaan

Seperti apa tipikal penggunaanmu sebelumnya? Hal tersebut bisa menjadi acuan untuk menentukan spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhan.

Cari tahu tips membeli laptop baru untuk mendapatkan pandangan baru. Dengan demikian, kamu bisa menemukan laptop yang tidak hanya sesuai tipikal penggunaan saat ini namun juga mampu mengakomodasi kebutuhanmu di masa yang akan datang.

3. Utamakan Merek yang Telah Teruji

Merek juga perlu dipertimbangkan. Bukan hanya demi alasan prestise, laptop dari merek ternama umumnya juga sudah teruji dan memiliki jaringan service center yang luas. Jadi jika laptop bermasalah atau menemukan beberapa penyebab laptop rusak, kamu bisa mengakses layanan servis lebih mudah.

Tips membeli laptop baru di atas bisa kamu terapkan saat mencari pengganti laptop yang lama. Jika kamu mencari laptop dari merek-merek yang telah teruji kualitasnya, JKT Gadget punya jawabannya.