cara memindahkan file dari hp ke laptop

Apakah Anda masih bingung cara memindahkan file dari hp ke laptop yang mudah dilakukan. Pada pembahasan ini kami akan berikan beberapa solusi tepat dan paling sederhana dilakukan.

Kami juga akan mengupas setiap kelebihan dari masing-masing metode sehingga dapat dijadikan sebagai perbandingan. Anda nantinya dapat memilih sendiri mana metode paling tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Sekarang penggunaan perangkat seperti laptop dan android selalu digunakan secara berdampingan. Keduanya dapat menjadi sebuah pelengkap interkoneksi agar pekerjaan dapat lebih cepat selesai.

Selain itu kombinasi antara keduanya juga meningkatkan fleksibilitas kerja tanpa peduli dimana lokasinya. Jadi pada suatu kesempatan pasti pengguna akan butuh menerapkan cara memindahkan file dari hp ke laptop.

Ada banyak cara tidak hanya tiga sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan task tersebut. Namun disini kami akan jelaskan tiga metode paling cepat dan mudah agar dapat segera diimplementasikan sendiri.

 

Cara Memindahkan File dari Hp ke Laptop Pakai Kabel

Metode pertama yang paling mudah dan cepat dilakukan adalah memakai kabel USB. Ini adalah metode paling mudah dan aman dilakukan karena kita menyambungkan langsung android ke laptop.

Kebutuhannya juga berupa kabel data yang jelas pasti akan selalu kita bawa kemana-mana. Apabila Anda ingin mengetahui bagaimana caranya berikut ini adalah langkah yang dapat diikuti guna melakukannya.

  1. Siapkan device yang akan disambungkan
  2. Sambungkan laptop dan android menggunakan kabel USB
  3. Pada device android akan muncul popup di layar
  4. Gunakan USB sebagai piranti transfer file
  5. Buka laptop untuk mengecek sambungannya
  6. Anda bisa memindahkan data baik dari laptop ke android atau sebaliknya

Bagaimana cara memindahkan file dari handphone ke laptop? Menggunakan kabel USB ini memang paling mudah dilakukan. Tidak butuh perangkat lunak tambahan atau interkoneksi nirkabel antara dua buah device.

Jadi para pengguna bisa cukup fleksibel dalam melakukan transfer data dari perangkat terkait. Prosesnya juga relatif cepat tergantung pada kecepatan transfer data dari kabel USB digunakan.

Apabila sudah menggunakan type C maka kecepatannya akan cukup tinggi dan cocok untuk file besar. Apa saja keunggulan dari cara memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan USB simak poin berikut.

  1. Paling aman dari serangan pihak ketiga karena langsung tersambung menggunakan koneksi tertutup
  2. Kecepatan transfer tinggi tergantung pada kabel perantara
  3. Proses paling mudah karena tidak butuh software pendukung
  4. Set up paling cepat dilakukan

Dengan keempat keunggulan tersebut maka proses transfer menggunakan metode ini memang sering diandalkan. Para pengguna juga tidak perlu khawatir bagaimana device nantinya akan bekerja.

Karena secara default setiap android sudah memiliki set up koneksi kabel untuk sambungan perangkat eksternal. Jadi kita selalu bisa melakukannya tanpa peduli apa merek atau spesifikasi perangkatnya.

 

Cara Memindahkan File dari Hp ke Laptop Menggunakan Bluetooth

Penasaran bagaimana cara mengirim file dari hp ke laptop lewat Bluetooth? Jangan khawatir. Disini kami akan jelaskan metode paling mudah sehingga Anda bisa melakukan sendiri, ikuti langkah berikut.

  1. Aktifkan bluetooth dari perangkat komputer dan juga android
  2. Pada device android masuk ke menu pengaturan
  3. Masuk ke koneksi dan berbagai
  4. Aktifkan transfer file menggunakan bluetooth
  5. Pilih file yang akan di kirim dari android
  6. Apabila ingin mengirim dari komputer cukup klik kanan file kemudian share via bluetooth

Itu adalah cara memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan bluetooth paling mudah dilakukan. Kita juga tidak perlu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukan transfer.

Langkah ini tentu saja dapat menjadi sebuah solusi paling cepat dilakukan karena set up juga termasuk cepat. Apa saja kelebihan dari metode ini dibandingkan dengan lainnya, berikut detailnya.

  1. Transfer hanya dua arah jadi tidak bisa ada pihak ketiga berada di tengah koneksi
  2. Kecepatan transfer bagus
  3. Cocok untuk mengirim file kecil
  4. Set up cepat dan mudah
  5. Tidak membutuhkan paket data

Keunggulan tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai pertimbangan ketika hendak menggunakannya. Jadi apakah bisa memindahkan file dari hp ke laptop? Tentu saja karena secara default pasti ada bluetooth.

Penggunaan metode seperti itu tentu dapat dijadikan sebagai opsi ketika transfer datanya memang kecil. Jika kita ingin mengirimkan file besar lebih baik menggunakan kabel USB atau apk pihak ketiga saja.

 

Cara Memindahkan File dari Hp ke Laptop Menggunakan APK

Salah satu apk yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transfer paling mudah adalah shareit. Ini adalah sebuah perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk mentransfer file secara nirkabel.

Apabila Anda belum memiliki aplikasi tersebut jangan khawatir karena kami akan jelaskan bagaimana cara memasangnya. Ikuti tutorial berikut ini agar dapat memasang shareit di perangkat ponsel pintar.

  1. Buka playstore
  2. Cari shareit
  3. Tekan tombol instal
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai
  5. Aplikasinya siap digunakan untuk mengirim data

Setelah memiliki shareit di perangkat ponsel pintar Anda juga perlu menginstalnya di komputer. Berikut ini adalah cara pemasangan shareit di komputer sebagai cara memindahkan file dari hp ke laptop.

  1. Masuk ke situs shareit atau cari di google
  2. Unduh versi desktop
  3. Jalankan wizard instalasi
  4. Lakukan proses pemasangan sampai selesai
  5. Softwarenya siap digunakan

Sekarang kita akan mulai masuk pada cara memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan shareit. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda jadikan sebagai acuan agar prosesnya berhasil.

  1. Buka aplikasi shareit baik di komputer atau hp
  2. Pilih file yang akan di transfer menggunakan aplikasinya
  3. Kirimkan pada perangkat target
  4. Tunggu proses pengirimannya selesai

Bukankah sangat mudah menggunakan shareit untuk berbagai file antara komputer dan smartphone. Cara ini paling cocok digunakan untuk mengirim file besar karena kecepatannya sangat tinggi.

Rekomendasi Laptop dengan Interkoneksi Terbaik

Apabila Anda memang sering melakukan pengiriman data dari smartphone ke komputer tentu butuh perangkat bagus. Kami akan berikan beberapa rekomendasi device laptop dengan interkoneksi terbaik.

1. HP 245 Series

Salah satu perangkat laptop dengan interkoneksi terbaik adalah HP 245 series. Harganya juga terjangkau sehingga cocok untuk kebutuhan kantor yang tidak terlalu berat.

Spesifikasinya sudah menggunakan prosesor ryzen 3050 dan RAM 4 GB jadi cocok untuk pekerjaan kantor. Kita tidak perlu bingung cara memindahkan file dari hp ke laptop jika menggunakan HP 245 series.

Perangkat tersebut sudah ada interkoneksi bluetooth dan wifi yang dapat kita gunakan. Harganya juga cukup terjangkau hanya 6.7 juta saja sehingga tidak perlu merogoh anggaran terlalu dalam.

 

2. Dynabook satellite pro

Dynabook satellite pro juga banyak digemari karena memiliki interkoneksi bagus pada jaringan nirkabel. Jadi kita dapat mengirimkan file atau tersambung ke wifi dengan kecepatan maksimal.

Spesifikasi yang digunakan pada device tersebut juga sudah cukup mumpuni dengan processor intel i3. Kemudian dilengkapi juga dengan RAM 4 GB sehingga pas untuk pekerjaan kantoran seperti pengetikan dan aplikasi ringan.

Harganya hanya sekitar 6.7 juta saja jika membeli di jktgadget.com jadi bisa lebih hemat anggaran. Ini adalah salah satu opsi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan paling mudah digunakan.

Apabila ingin membeli komputer dengan kualitas bagus, harga terjangkau, dan pilihan lengkap jelas di jktgadget.com saja. Kami adalah penyedia terpercaya yang melayani pembelian di seluruh Indonesia baik retail atau grosir.

Jadi Anda sudah tidak perlu bingung lagi mencari device dengan kapabilitas interkoneksi bagus. Silahkan pilih sendiri library di situs utama kami jktgadget.com atau bisa menghubungi nomor WhatsApp berikut.

Semua informasi tentang device tersebut tentu dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan membeli. Cara memindahkan file dari hp ke laptop juga sudah kami ajari jadi silahkan langsung implementasikan sendiri.

Baca juga: 7 Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac OS yang Mudah